Dokumen Contoh PTK SD, SMP, SMA Terbaru

Dokumen Contoh PTK SD, SMP, SMA Terbaru

Dokumen Contoh PTK SD, SMP, SMA Terbaru - Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) merupakan sebuah kegiatan penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di dalam kelas. Setelah sebelumnya pemerintah menerbitkan Pedoman Pelaksanakan PTK tahun 2016, pada kesempatan kali ini kami bagikan Kumpulan Contoh Laporan PTK yang kami kumpulkan dan susun bagi Guru SD, SMP, dan SMA.
Dokumen Contoh PTK SD, SMP, SMA Terbaru

Kumpulan contoh PTK dapat di gunkan sebagai bahan acuan atau referensi dalam malaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas di sekolah masing-masing. Dalam  penelitian  tindakan kelas ini, peneliti mencoba mengetengahkan salah satu bentuk pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dalam penyampaian,pembelajaran ini peneliti menggunakan media/alat peraga lidi dalam penjumlahan bilangan bulat di kelas IV.

Pada  akhir  pengajaran,  guru mengadakan tanya jawab  agar  siswa  terampil  menggunakan lidi itu sebagai  alat  bantu  untuk  menjumlah  dua bilangan  ulat sekaligus  sebagai  alat  evaluasi .

D.  PERUMUSAN   MASALAH   

Bertolak  dari  permasalahan  diatas,  maka  perumusan   masalah  pada  penelitian  ini  adalah  : Bagaimana  penggunaan   dan  penerapan  media  lidi  dapat  meningkatkan  keterampilan  siswa
dalam  menjumlah  dua  bilangan  bulat  di kelas  IV  SD  ?

E.  TUJUAN   PENELITIAN

Penulisan  penelitian  ini  bertujuan  agar  siswa  mampu  meningkatkan  keterampilan  penggunaan media  lidi  dalam  menyelesaikan  soal-soal  yang  berhubungan  dengan  penjumlahan  bilangan bulat.

F.  MANFAAT  PENELITIA
Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  konstribusi  bagi  semua  pihak,  antara  lain:
  • Memberikan pembelajaran secara langsung lagi guru tentang pembelajaran yang menggunakan media lidi guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi penjumlahan bilangan bulat, sehingga  menambah  wawasan  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran  di  kelas.
  • Meningkatkan keterampilan bagi siswa tentang  penggunaan  media  lidi  dalam  proses pembelajaran sehingga  siswa dapat berperan  aktif  dan  kreatif  terutama  pada  penjumlahan bilangan  bulat.
  • Memberikan pengalaman langsung bagi peneliti dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan  media  lidi  dalam  penjumlahan  bilangan  bulat  serta  memberikan  dorongan untuk melaksanakan  penelitian  lagi  dengan  pembelajaran-pembelajaran  matematika  yang lain. 
  • Hasil penelitian ini dapat digunaka  bagi sekolah  untuk meningkatkan  pemahaman tentang fungsi penelitian  tindakan  kelas.   

Point-point di atas merupakan salah satu contoh isi dari Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) MATEMATIKA SD KELAS IV.

Jadi untuk lebih jelasnya silahkan download salah satu contoh PTK yang ada di bawah ini sesuai dengan Materi dan judul PTK yang di perlukan Kumpulan File PTK berikut ini disajikan dalam bentuk file .pdf dengan isi lengkap sebagai berikut ini. :

  1. Contoh Laporan PTK Taman Kanak-Kanak.docx
  2. Contoh Laporan PTK IPS Ekonomi.docx
  3. Contoh Laporan PTK PKn.docx
  4. Contoh Laporan PTK Sejarah.docx
  5. Contoh Laporan PTK Sosiologi.docx
  6. Contoh PTK Menggunakan Metode Inkuiri.docx
  7. Contoh PTK Menggunakan Metode Integrasi Permainan.docx
  8. Contoh PTK Menggunakan Metode Layanan Konseling.docx
  9. Contoh PTK Menggunakan Metode Mencari Pasangan.doc
  10. Contoh PTK Menggunakan Metode Pencapaian Konsep.docx
  11. Contoh PTK Menggunakan Metode Praktis Pembelajaran.docx
  12. Contoh PTK Menggunakan Metode STAD.docx
  13. Contoh PTK Menggunakan Metode Tutor Sebaya.docx
  14. Contoh Format Pemantauan PTK.doc
  15. Contoh Format Penliaian PTK.doc
  16. Contoh Format Proposal Peneliitian PTK.docx
  17. Panduan Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.doc
  18. Penelitian Tindakan Kelas .doc
  19. Sistematika Format Laporan Akhir Hasil PTK.docx
  20. Sistematika Format Usulan Penelitian Tindakan Kelas.doc
Daftar Judul Contoh Proposal PTK SD :
Download

Posting Komentar untuk "Dokumen Contoh PTK SD, SMP, SMA Terbaru"